Friday, 17 May 2019 07:14

Immersion Program Belajar di Perth Australia

Rate this item
(0 votes)

SD Insan Amanah menyelenggarakan salah satu program, yakni Immersion Program. Selama kurang lebih sepekan, sejak tanggal 2 hingga 9 Maret 2019 lalu, SD Insan Amanah berkunjung ke Singleton Primary School yang berada di Kota Perth Australia.  

Sekolah tersebut merupakan cerminan sekolah hebat yang ada di luar negeri. Sekolah yang mengajarkan kerja keras dan hidup sederhana baik kepada guru maupun anak didiknya. “Semua serba simple, sederhana, gak keakean gaya (tidak kebanyakan gaya),”.

Kerja keras dan kesederhanaan memberikan dampak positif terhadap kemajuan bangsa. Melalui nilai karakter tersebut siswa diajarkan untuk tidak manja, namun  berjuang dengan semangat kemandirian untuk mencapai cita-cita. “Mereka tidak perlu gaya, yang penting aksi dalam proses pembelajaran, sehingga semuanya dapat berjalan dengan sangat baik,”.

Hal lain yang telah dipelajari SD Insan Amanah di Singleton Primary School yakni kedisiplinan dan ketertiban. Para siswa yang digembleng dengan pendidikan karakter selama tiga bulan di awal tahun pembelajaran, berimbas pada sikap disiplin dan kemandirian. Semuanya berjalan dengan tertib, penuh kesadaran alias tidak ada bulying. “Kami sangat terkagum dengan suasana dan kondisi pembelajaran di sana, inilah yang menjadi motivasi kami untuk menjadi lebih baik,”. 

Immersion Program membawa guru dan siswa SD Insan Amanah semakin memperluas wawasan mereka tentang dunia luar yang selama ini belum diketahui. Dari pengalaman dan wawasan itulah diharapkan menjadi motivasi untuk menjadikan pendidikan SD Insan Amanah lebih bermutu. “Inilah dunia lain yang sangat jauh berbeda dengan dunia kita.  Sehingga menjadi motivasi  untuk menjadikan diri lebih baik,”.

Adapun proses pebelajaran di Singleton Primary School lebih mengutamakan peran siswa dengan belajar secara kontekstual. Keberadaan guru berfungsi sebagai pendamping dan memberikan stimulus pada siswanya. “Mereka juga menerapkan konsep moving class, ada kelas sains, matematika dan bahasa. Juga ada kelas kesenian dan memasak, dan kelas ini wajib bagi seluruh siswa”. 

Immersion Program bukanlah program untuk menyobongkan diri dengan bermewah-mewahan. Immersion Program suatu saat akan menjadi kebutuhan bagi sekolah. “Kami ingin mengajakan anak-anak untuk tidak menjadi katak dalam tempurung, yang merasa besar sendiri. tapi harus belajar dari tempat lain dengan habit-habit yang berbeda,  maka dari itu mari kita ubah mainset kita agar tidak berpikir sempit,”.

Selama di Perth Australia, siswa-siswi SD Insan Amanah juga berkunjung ke tempat wisata dan tempat-tempat bersejarah. Antara lain ke Heritage Rose Garden, Peel Zoo Pinjarra, Mandurah Dolphin Cruise,  Mandurah Foreshore,  Hill War Memorial Monument,  Fremantle Prison,  London Court,  The Bell Tower,  Elizabeth Quay dan Kings Park.

 

Read 47 times Last modified on Friday, 17 May 2019 08:13

Image Gallery

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Elementary School Insan Amanah of Malang "Mewujudkan Generasi Berilmu dan Berkepribadian serta Berbudaya Lingkungan"

Newsletter

Please contact us by email