Friday, 17 May 2019 07:47

Belajar Budaya dan Ide Kreatif Keluar Negeri

Rate this item
(0 votes)

Ada beragam manfaat yang bisa dipetik dari agenda bepergian ke luar negeri. Mulai belajar budaya baru hingga menemukan inspirasi baru. Itulah tujuan yang ingin diraih SD Insan Amanah lewat agenda study ekskursi di Singapura dan Malaysia pada 21 – 25 Januari 2019.

Kepala SD Insan Amanah Suhardini Nurhayati MPd menyatakan, ada beragam kegiatan yang dilakukan siswa-siswi selama berada di Singapura dan Malaysia. Di antaranya, mereka melakukan kunjungan ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Malaysia dan Singapura.

Ada manfaat yang ingin dipetik lewat kunjungan ke KBRI. ”Kebetulan, kami ada materi pembelajaran tentang duta besar”.

Dalam kunjungannya ke KBRI di dua negara itu, siswa-siswi SD Insan Amanah juga sempat menampilkan bakat mereka. Ada yang menampilkan yel-yel, membaca puisi, mendongeng, dan lain-lainnya.

Di setiap negara yang dikunjungi, para siswa juga berbaur dengan warga lokal. Termasuk dengan siswa-siswi dari sekolah di Singapura dan Malaysia. ”Mereka saling bertukar pengalaman dan budaya. Hasilnya, para siswa jadi mengerti dan belajar bahwa ada perbedaan di setiap budaya,”.

Tak hanya itu, lewat agenda study ekskursi ini, mereka belajar bagaimana aturan-aturan di negara lain. ”Siswa belajar bagaimana kedisiplinan siswa di sekolah-sekolah Malaysia dan Singapura. Ide kreatif juga terbangun lewat kunjungan seperti ini,”.

Dia berharap, study ekskursi ini menjadi semacam buku perjalanan bagi para siswa. ”Buku pengalaman tentang kehidupan. Kira-kira harapan mereka akan seperti apa melalui ide yang didapat di sana,” ujarnya.

Melihat banyaknya manfaat yang bisa dipetik, SD Insan Amanah berencana menjadikan study ekskursi sebagai agenda tahunan.

Read 230 times Last modified on Friday, 17 May 2019 08:12

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Elementary School Insan Amanah of Malang "Mewujudkan Generasi Berilmu dan Berkepribadian serta Berbudaya Lingkungan"

Newsletter

Please contact us by email