Previous Next

Joyful Learning Concept

Dengan konsep "Joyful Learning", siswa mampu membangun pengetahuan melalui kegiatan pembelajaran yang kontekstual dan aplikatif dengan pendekatan saintifik, sehingga siswa unggul dalam bidang akademik aspek pengetahuan dan keterampilan.

Kemampuan psikomotorik siswa SD Insan Amanah dikembangkan melalui berbagai kegiatan di dalam maupun di luar kelas, misalnya outbound, eksperimen, dan sinergi building. Siswa menjadi aktif, kreatif, dan bersemangat.

Proses pembelajaran di SD Insan Amanah menyeimbangkan tiga ranah pendidikan, yaitu: afeksi, kognisi, dan psikomotor, sehingga dapat menghasilkan peserta didik yang menguasai keimanan, ketaqwaan, dan ilmu pengetahuan. SD Insan Amanah juga menerapkan konsep "Learning by Playing and Skill Processing" untuk mengembangkan potensi, bakat, kreativitas, dan emosional anak melalui kolaborasi aspek IQ, EQ, dan SQ.

Beberapa kegiatan penunjang dalam proses pembelajaran adalah:
1. Pembinaan khusus membaca Al-Qur'an dengan metode UMMI dengan target kelas 1 s.d. 3 dan hafalan Al-Qur'an.
2. Pengujian Al-Qur'an melalui kegiatan Imtihan dan Munaqosah.
3. Tadarus dan hafalan surat pendek setiap pagi sebelum pelajanvmulai dari kelas 1 s.d. 6 dengan target hafalan yang sudah ditentukan.
4. Kegiatan "Membaca Pagi" dilakukan setelah tadarus untuk menumbuhkan budaya gemar membaca pada anak-anak.
5. Pembelajaran tematik dengan dua pendamping (teaching team)/guru kelas & guru agama)
6. Tes psikologi di kelas 1 untuk mengetahui kesiapan, kelebihan, dan hambatan belajar siswa yang digunakan sebagai dasar menentukan penanganan peserta didik secara berkelanjutan.
7. Pembinaan prestasi bagi siswa yang memiliki bakat dalam bidang olimpiade Sains, Matematika, Bahasa Inggris, Seni, Olah Raga, Teknologi Informasi (TI), dan Keagamaan.
8. Field Trip merupakan program belajar siswa di luar kelas, dengan tujuan agar siswa mendapatkan pengalaman langsung. Siswa belajar di tempat bersejarah, masyarakat sekitar, Jawa Timur Park 1 & 2, Eco Green Park, Kebun The Wonosari Lawang, dan tempat-tempat lain yang dapat memperkaya keilmuan siswa.
9. Learning Motivation Training (LMT) dan Outbound untuk meningkatkan kerjasama, kreativitas, keberanian, dan menumbuhkan rasa percaya diri.
10. PERSAMI dilaksanakan setiap tahun dengan tujuan untuk meningkatkan kemandirian, bertahan hidup, bertanggung jawab, tangguh, dan berakhlak mulia.

Elementary School Insan Amanah of Malang "Mewujudkan Generasi Berilmu dan Berkepribadian serta Berbudaya Lingkungan"

Newsletter

Please contact us by email